Website Anda perlu di-backup, terutama untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan website Anda tidak bisa diakses atau malah membuat Anda kehilangan data. Disarankan melakukan backup rutin  2 minggu sekali atau tergantung seberapa sering Anda update file penting di website.

A. Cara Melakukan Backup Via CPANEL

1. Login ke halaman cpanel anda www.domainanda.com/cpanel, dengan username dan password cpanel yang kami berikan

Pilih menu backup, klik icon backup

backup

2. Klik tombol "Download a Full Website Backup"

full backup

3. Selanjutnya masukan email, dimana jika backup selesai nanti akan mendapatkan notifikasi. Kemudian klik "Generate Backup"

generate backup

4.  Proses selanjutnya adalah menunggu file backup, prosesnya memakan waktu 5 – 60 menit (Bisa lebih lama) tergantung banyaknya data Anda. Jika anda sudah memasukan Email, maka setelah backup selesai nanti ada notifikasi.

tunggu backup

Setelah mendapat informasi bahwa download lengkap langkah selanjutnya : Masuk kembali ke Cpanel -> klik icon backup -> maka muncul tampilan seperti ini. Silahkan download file Anda tersebut.

download

Ingat sampai sini belum selesai!!  Setelah proses Backup dan download file. Sebaiknya anda membersihkan folder trash atau sampah di hosting Anda. Jika tidak maka space hosting Anda akan bertambah & Mubadzir. karena file backup tersebut memenuhi hosting.

B. Cara Menghapus File Backup di Hosting setelah melakukan Backup

1.  Masuk cpanel -> klik File manager 

trash

2. Setelah itu lihat pojok kanan atas, ada icon tdan tulisan  View Trash. Silahkan klik. dan kemudian Emty Trash -> Muncul Pop Up -> Emty Trash

 

C. Tugas Backup & Menghapus sisa file backup selesai.

  1. Sampai sini tugas Anda melakukan backup & menghapus sampah sisa backup selesai.
  2. Sekarang Anda memiliki file backup sendiri dan silahkan disimpan di komputer/flashdisk Anda.
  3. Lakukan rutin setiap bulan atau setiap update banyak yang dirasa penting.
  4. Ini fungsinya adalah mengamankan data Anda jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, karena kami tidak memberikan jaminan Backup pasti ada. Kami memang melakukan backup rutin namun hanya untuk kepentingan internal bukan jaminan.
  5. Pengamanan data ini dapat diibaratkan seperti anda mengetik di MS WORD kemudian melakukan SAVE  setelah melakukan editing yang dirasa penting.
  6. Memiliki dan membiasakan melakukan backup, tentunya sangat penting! dan mohon jangan diabaikan.